TEKNOLOGI 2012

Senin, 16 April 2012

New iPad Tak Henti Dirundung Masalah


INILAH.COM, Jakarta - Meski baru diluncurkan, namun New iPad menuai banyak kontroversi, seiring ditemukannya banyak kerentanan di dalamnya, termasuk yang baru, yakni masalah Wi-Fi.
Apple kini sedang menyelidiki beberapa isu terkait konektivitas Wi-Fi, seperti terungkap dalam sebuah dokumen internal AppleCare yang dikuak MacRumors. Menurut dokumen tersebut, beberapa gejala termasuk konektivitas lamban, kecepatan Wi-Fi yang pelan dan lain-lain, banyak diungkap, beberapa di antaranya merupakan isu yang serius.
Sebuah thread di forum Apple yang mendiskusikan isu tersebut terakhir sudah mendapat 712 reply menandakan bahwa isu tersebut sangatlah penting. Sebagai perbandingan, sebuah thread mengenai cepat panasnya New iPad yang baru-baru didiskusikan di media telah mendapat 876 reply.
Mayoritas dari perbincangan di thread tersebut mengindikasikan bahwa masalahnya hanya berdampak pada New iPad versi Wi-Fi, bukan versi 3G-nya. Jika dokumen AppleCare ini benar, maka Apple nampaknya harus cepat memperbaiki hal tersebut. Dari pihak Apple sampai saat ini belum ada pernyataan resmi.
Beberapa waktu yang lalu Apple dikejutkan oleh beberapa kritik permasalahan mengenai suhunya yang cepat panas, lalu kini mengenai baterainya yang tidak akan sepenuhnya terisi, meski di layar sudah menyatakan penuh.
Meski banyak protes, pihak Apple kembali meyakinkan bahwa baterai New iPad sudah sepenuhnya terisi sebelum mencapai angka 100 persen. "Metode seperti itu dirancang, sehingga pengguna bisa tetap mencolok iPad selama yang mereka suka. Dan hal ini merupakan kunci yang selama ini ada di iOS," ujar Michael Tchao, VP di Apple.
New iPad mencapai suhu 47 derajat celsius, setelah digunakan selama 45 menit untuk menjalankan game action, atau 8 derajat lebih panas ketimbang iPad 2 ketika menjalankan aktivitas yang sama, ungkap hasil ujicoba dari Consumer Reports.
Penelitian dari Consumer Reports tersebut menyelidiki laporan-laporan sebelumnya dari konsumen yang mengatakan bahwa New iPad menjadi terlalu panas setelah digunakan secara berlebih; suhunya mencapai 47 derajat celsius setelah digunakan untuk memainkan game Infinity Blade II.
Tes serupa juga dilakukan Consumer Reports di iPad 2, hasilnya New iPad lebih panas 8 derajat ketimbang iPad seri sebelunya. Battery indicator di New iPad banyak berbohong, karena apabila pengguna men-charge, sang tablet menunjukkan di layar bahwa baterai sudah penuh, padahal perangkat tersebut masih mengisi.
Lalu penelitian Ray Soneira dari DisplayMate, juga menyatakan bahwa New iPad menguras lebih banyak listrik ketimbang model-model terdahulu. "Indikator pengisian baterai di semua perangkat mobile berdasarkan pada model penghitungan matematis dari rata-rata pengisian, baterai, dan lain-lain," ujar Soneira.
"Jadi nampaknya ada yang salah dengan model perhitungan matematika pengisian baterai di New iPad," pungkasnya.
Sepertinya New iPad tidak akan sesukses seri sebelumnya, dan hanya dijadikan sebagai ‘perantara’ atau "pengisi jeda". Tapi siapa tahu, mungkin saja Apple sungguh-sungguh dengan New iPad?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar