TEKNOLOGI 2012

Senin, 06 Agustus 2012

Canggihnya Curiosity Si Robot Penjelajah Mars

Curiosity beroperasi menggunakan daya nuklir. Ukurannya sebesar robot berukuran kecil dan dilengkapi dengan perangkat penelitian canggih.

Daya nuklir membuatnya mampu beroperasi lama. Dengan teknologi canggih yang dibenamkan di dalamnya, Curiosity berukuran sekitar lima kali lebih berat dari robot NASA sebelumnya yang dikirim ke Mars.

Ya, berat robot ini di kisaran 1 ton sehingga saat pendaratannya di Mars menjadi yang paling mendebarkan. Robot ini dibawa dengan sebuah roket

Begitu mendekati permukaaan Mars, roket akan menurunkan Curiosty dengan semacam tali. Begitu memastikan si robot mendarat dengan selamat, modul itu akan terbang dan meninggalkan Curiosity sendirian di Mars. Untunglah pendaratannya mulus sesuai rencana.

Robot ini punya tangan elektronik dengan bor, laser dan laboratorium untuk mencium jika ada unsur-unsur pembangun kehidupan di Mars. Curiosity mampu pula mendeteksi radiasi Mars dengan akurat.

Level radiasi yang diukur Curiosity akan dianalisis oleh NASA. Ini untuk menentukan seperti apa lingkungan yang akan dihadapi astronot jika suatu saat mereka mendarat di sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar