TEKNOLOGI 2012

Senin, 29 Oktober 2012

Mobil Mini Menyerbu Jalanan



Bloomberg News
Mitsubishi Mirage di Indonesia International Motor Show, Jakarta 20 September. Mobil-mobil lain juga unjuk gigi.
Perusahaan otomotif global bersaing memperebutkan pasar otomotif Indonesia yang terus tumbuh. Mereka menawarkan model-model mobil baru yang berukuran kecil.
Mobil-mobil sedan kecil atau sub-compact hatchback menjadi sorotan utama di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung belum lama ini di Jakarta. Pabrikan seperti Toyota Motor Corp., Mitsubishi Motors, Suzuki Motor Corp., dan Daihatsu Motor Co. memperkenalkan mobil-mobil baru. Mereka ingin memikat pasar sub-compact Indonesia yang peka harga. Kelas menengah di Nusantara, yang jumlahnya terus bertambah, memang mendambakan mobil yang lebih terjangkau dan lebih hemat bahan bakar (BBM).
Perusahaan-perusahaan itu juga memamerkan beragam fitur baru. Ada mobil yang bisa membantu pengemudi parkir paralel hanya dengan satu tombol. Mobil lain bisa membasmi segala macam bakteri dan virus di dalam kabin.
Mobil-mobil besar yang boros bahan bakar seperti SUV dan truk masih populer di Indonesia. Kendaraan multi-purpose vehicle alias MPV, misalnya Toyota Innova, juga masih diminati. Tapi kemacetan lalu lintas yang parah, terutama di ibu kota Jakarta, memaksa sebagian konsumen melirik mobil yang lebih kecil.
Pemerintah juga tengah mempertimbangkan regulasi baru yang mendukung mobil murah ramah lingkungan atau low cost green car. Tujuannya adalah mengajak masyarakat menghemat BBM dan mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi. Salah satu metode yang tengah dipertimbangkan adalah pemangkasan pajak barang mewah untuk mobil semacam itu. Saat ini, mobil dikenakan pajak senilai 10% hingga 50%.
Akibatnya, kompetisi di pasar sub-compact semakin panas. Segmen itu kini didominasi oleh mobil-mobil Jepang, plus merek Korea Selatan seperti Hyundai Motor Co. dan Kia Motors. Tapi Ford Motor Co. dari Amerika Serikat juga berhasil meraup pangsa yang signifikan berkat Ford Fiesta. Sejak debut tahun 2011, mobil ini sudah terjual 10.000 unit. Pabrikan otomotif lain juga mencoba menancapkan kukunya.
Para analis memperkirakan angka penjualan mobil di Indonesia akan segera menyentuh satu juta unit per tahun. Rekor sebelumnya adalah 894.180 unit pada 2011. Tingkat kepemilikan mobil di Indonesia memang masih rendah. Dari 240 juta penduduk, hanya ada sekitar 11 juta unit mobil. Dalam sepuluh tahun ke depan, para pakar juga memperkirakan penjualan tahunan bisa mencapai tiga juta unit.
Bloomberg News
Jeep, merek dari Chrysler Group, di Indonesia International Motor Show, Jakarta 20 September.
Di IIMS, Toyota dan anak usahanya, Daihatsu, memamerkan mobil sub-compact terbaru mereka. Astra Toyota Agya dan Astra Daihatsu Ayla akan mulai dipasarkan awal tahun depan. Kedua mobil yang nyaris identik ini akan dijual seharga Rp 75 juta hingga Rp 105 juta.
Agya dan Ayla memiliki mesin 3 silinder berkapasitas 1 liter, dan keduanya akan diproduksi di pabrik baru Astra Daihatsu Motor di Karawang, Jawa Barat. Mobil-mobil ini dirancang untuk menjadi salah satu pilihan termurah di kelasnya, kata perusahaan itu, karena 80% komponennya dibuat di dalam negeri.
Astra Daihatsu menyatakan mobil-mobil itu hemat BBM, dan memiliki sistem yang menampilkan informasi konsumsi BBM. Sebelumnya, proyek otomotif bersama antara Toyota dan Daihatsu sangat sukses di Indonesia, seperti MPV Avanza/Xenia dan compact SUV Rush/Terios.
Sementara itu, setelah bertahun-tahun absen dari segmen sub-compact, Mitsubishi memperkenalkan Mirage di IIMS. PT Krama Yudha Tiga Berlian, distributor Mitsubishi di Indonesia, menyatakan bahwa Mirage yang dirakit di Thailand itu akan dijual seharga Rp 139 juta sampai Rp 165 juta. Mobil ini mengusung mesin 3 silinder berkapasitas 1,2 liter. Modelnya yang lebih mahal memiliki fitur Continuously Variable Transmission atau CVT, yang bisa membuat mesin lebih hemat BBM.
Suzuki juga memperkenalkan versi Swift baru. Mobil ini akan bersaing di segmen yang mencakup Honda Jazz baru, Toyota Yaris, Mazda 2, Ford Fiesta, dan Hyundai Grand Avega. Swift yang sporty ini memiliki mesin 1,4 liter dengan harga Rp 163 juta hingga Rp 180 juta.
Swift generasi kedua ini lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, kata Suzuki. Selain itu, handling-nya juga lebih dinamis. Mobil ini dilengkapi transmisi manual lima kecepatan dengan mekanisme baru yang memudahkan berkendara. Tersedia juga versi transmisi otomatis empat kecepatan.
Honda CR-Z 2013 secara mengejutkan muncul di IIMS, meski Honda pernah mengumumkan bahwa mobil itu akan tampil pertama kali di Paris Auto Show 2012. CR-Z memiliki mesin 4 silinder 1,5 liter dengan transmisi manual enam kecepatan atau transmisi otomatis CVT. Mobil ini belum dijual secara resmi. Honda baru menerima pre-order, dan mobilnya akan tiba bulan Februari.
Mazda Motor Indonesia memperkuat jajaran mereka dengan Biante. Mobil MPV dengan delapan tempat duduk ini memiliki tombol khusus yang dapat membuka pintu geser untuk penumpang belakang secara otomatis. Fitur utama lain adalah generator ion Panasonic Nanoe untuk mengusir bakteri dan virus.
Tata Motors dari India juga telah menceburkan diri di pasar otomotif Indonesia. Setelah meresmikan anak usaha mereka di Indonesia pada 11 September lalu, Tata di IIMS memamerkan 13 model mobil penumpang dan niaga, termasuk Tata Nano, mobil termurah di dunia. Harga mobil itu di India sekitar Rp 30 juta, meski Tata tidak mengungkap berapa harganya saat dijual di sini. Penjualan Tata akan dimulai tahun depan setelah perusahaan itu membangun jaringan dealer dan pusat servis, kata Pankaj Jain, senior general manager bidang distribusi.
“Pasar Indonesia sangat menjanjikan, dan itulah mengapa kami datang ke sini. Kami ingin berada di sini untuk waktu lama,” ujarnya.
Pabrikan AS General Motors alias GM juga menyiapkan sesuatu untuk pasar Indonesia yang menggemari mobil-mobil dengan jumlah penumpang banyak. Mobil MPV Chevrolet Spin untuk tujuh penumpang akan dirakit di pabrik GM di Bekasi, Jawa Barat. GM tampaknya akan mulai menjual Spin tahun depan.
Sementara itu, Ford, musuh bebuyutan GM di AS, mengundang pengunjung IIMS menguji fitur-fitur keselamatan baru di mobil compact Focus. Fitur-fitur itu adalah Active City Stop dan Active Park Assist. Fitur pertama melibatkan sensor yang mengawasi jalanan di depan mobil. Sensor itu dapat mendeteksi mobil yang sedang berhenti, dan jika perlu menghentikan mobil kita untuk menghindari tabrakan.
Sementara itu, Active Park Assist dapat membantu pengemudi parkir paralel hanya dengan menyentuh satu tombol, tanpa memutar kemudi. Sistem ini memakai sensor berbasis ultrasonik dan electric power-assisted steering.
Hyundai memperkenalkan sedan Sonata baru dan SUV Santa Fe, sementara Kia meluncurkan SUV All New Sorrento dan sedan Rio yang baru.
Sonata dengan mesin 2,4 liter itu memiliki fitur tombol engine start, komputer 3D, dan transmisi otomatis shiftronic enam kecepatan. Santa Fe generasi ketiga dilengkapi mesin diesel 2,2 liter dan panoramic sunroof  yang membentang hingga jok baris kedua. SUV ini memiliki transmisi shiftronic enam kecepatan.
Pabrikan-pabrikan besar Eropa juga mencoba menggebrak IIMS. BMW Indonesia meluncurkan dua model sedan baru, 740Li dan M6 Coupe. Menurut BMW, mobil-mobil baru mereka memiliki teknologi EfficientDynamics yang dapat menghemat bahan bakar.
Beberapa model BMW juga mengusung teknologi ConnectedDrive. Sistem ini bertujuan memudahkan pengalaman mengemudi dengan memadukan aplikasi seluler, program driver assistance, layanan call center, serta informasi lalu lintas real time.
Sementara itu Volkswagen dari Jerman membawa model-model sedan kecil Polo dan Golf terbaru, serta MPV Touran. Sedangkan Peugeot dari Perancis memamerkan lini baru yang mencakup sedan hatchback 208, sedan 408, dan mobil sport Peugeot RCZ.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar